Evaluasi II Organisasi Mahasiswa Tahun 2021 Badan Legislatif Mahasiswa

Pada Sabtu Legi, 6 November 2021 dilaksanakan acara Evaluasi II Organisasi Mahasiswa (Eval II Ormawa) yang merupakan program kerja rutin dari Komisi B Badan Legislatif Mahasiswa (BLM). Tujuan diselenggarakannya acara Eval II Ormawa yaitu untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja organisasi mahasiswa dan UKM yang diukur melalui perhitungan poin SP masing-masing ormawa dan UKM dari KAK dan LPJ program kerja yang sudah dibuat.

Acara Eval II Ormawa dihadiri oleh Ibu R.R. Sri Arini Winarti Rinawati, SKM., M. Kep., selaku wakil direktur II, Bapak Dr. Iswanto S. Pd, M. Kes. selaku wakil direktur III, Ibu Eko Suryani, S.Pd, S.Kep, MA selaku Penanggung Jawab Mahasiswa dan Alumni, ketua jurusan dan penanggung jawab mahasiswa dan alumni jurusan, serta jajaran pembina UKM di lingkungan Poltekeks Kemenkes Yogyakarta. Adapun peserta acara merupakan perwakilan dari ormawa dan UKM, yang sekaligus memaparkan power point pelaksanaan program kerja beserta rincian biayanya.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB yang dibuka oleh Sdri. Endah Wulanjani selaku MC. Pembukaan acara di isi dengan kegiatan pembacaan doa, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Polkesyo, Hymne Polkesyo, Mars WBK dan pembacaan Visi Misi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia oleh Sdr. Muhammad Wahyu Hidayat, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Bapak Dr. Iswanto, S. Pd., M. Kes. yang mewakili Bapak Direktur. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa “ Semangat karena sudah melakukan proker dengan sebaik baiknya sehingga Poltekkes Kemenkes Yogyakarta tetap pada klaster I dengan indikasi Kemahasiswaan yang paling tinggi. Kampus selalu mendukung kegiatan kemahasiswan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Ikuti pedoman yang ada agar kedepannya bisa berjalan dengan baik sesuai prosedur yang benar…”. 

Acara selanjutnya yaitu acara inti yang berupa pemaparan power point laporan kegiatan dan laporan keuangan dari masing-masing ormawa dan UKM yang kemudian dilanjutkan dengan penentuan dan penyampaian sanksi oleh delegasi masing-masing ormawa dan UKM. Dalam pemaparan power point program kerja, masing-masing perwakilan ormawa dan UKM menyampaikan pelaksanaan kegiatan termasuk laporan keuangan dan diberi waktu selama maksimal 5 menit yang dibantu sharescreen oleh panitia. Dalam penyampaian poin, delegasi masing-masing ormawa dan UKM menyebutkan jumlah poin SP yang diperoleh dari seluruh program kerja ormawa atau UKM tersebut beserta kendala yang selama ini dihadapi oleh delegasi dalam hal berkoordinasi, koreksi persuratan, dan sebagainya.

Pada pukul 11.39 WIB, dibacakan kesimpulan perolehan SP ormawa dan UKM oleh Sdri. Annisa Dwi Nuraini dan Afina Hani selaku staf komisi B BLM. Dalam pembacaan hasil akhir peroleh SP tersebut, disampaikan ormawa dan UKM yang memperoleh penghargaan ormawa dan UKM terbaik, yaitu yang aktif dalam pelaksanaan program kerja dan memperoleh poin SP paling sedikit. Adapun ormawa terbaik yaitu HMJ Kperawatan dan UKM terbaik yaitu UKM SKI (Sentra Kerohanian Islam). Ormawa dan UKM terbaik selanjutnya memperoleh hadiah berupa plakat dan sertifikat.

Acara selesai pada pukul 11.58 WIB, yang dengan terselenggaranya acara Eval II Ormawa tersebut, diharapkan ormawa dan UKM mampu memperbaiki kesalahan-kesalahan dan meningkatkan lagi yang sudah baik untuk membantu memajukan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.