Pelantikan Organisasi Mahasiswa Dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Periode Tahun 2021 – 2022 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Rabu Wage, 24 November 2021 dilaksanakan acara Pelantikan pengurus organisasi mahasiswa dan UKM untuk periode 2021 – 2022 yang merupakan bagian dari serangkaian kegiatan pemilihan umum raya (Pemira). Pelantikan dilakukan secara hybrid yaitu panitia dan seluruh ketua baru ormawa dan UKM periode 2021/2022 serta beberapa tamu undangan hadir secara luring di Auditorium Graha Bina Husada (GBH), sedangkan beberapa tamu undangan dan peserta lain hadir secara daring melalui Zoom Meeting. Total jumlah peserta yaitu sebanyak 365 mahasiswa pengurus ormawa dan UKM.

Acara Pelantikan dihadiri oleh beberapa jajaran tingkat direktorat yaitu Direktur, Wadir I, Wadir II, Wadir III, Plt. Ka. Bag. Adm. Akademik dan Umum, Penanggung Jawab Mahasiswa dan Alumni, Koordinator Humas, Promosi, CDC, dan Kerja Sama, serta Ketua Jurusan dan Penanggung Jawab Mahasiswa dan Alumni Jurusan di lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. 

Acara dimulai pukul 13.25 WIB setelah sebelumnya diputarkan video kaleidoskop ormawa dan UKM sembari menunggu tamu undangan dan peserta hadir. Pembukaan acara oleh Sdri. Miftah Imti dan Rahma Sabila selaku MC yang di isi dengan kegiatan pembacaan tata tertib, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Polkesyo, Hymne Polkesyo, Mars WBK, dan pembacaan Visi Misi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia oleh Sdri. Dini Puspita Sari, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan SK (surat keputusan) Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta tentang Penetapan Pengurus Ormawa dan UKM Periode Tahun 2022, mulai dari SK BLM, BEM, HMJ, HMPS, hingga UKM.

Pukul 15.53 WIB acara dilanjutkan dengan kegiatan pelantikan pengurus periode baru ormawa dan UKM yang dilakukan secara simbolis dengan pemakaian slempang organisasi oleh Ibu Eko Suryani, S.Pd., S. Kep., MA., selaku Penanggug Jawab Mahasiswa dan Alumni Poltekkes Kemenkes Yogyakarta kepada dua orang yang menjadi perwakilan pengurus ormawa dan UKM. Setelah pemakaian slempang, acara dilanjutkan dengan pengucapan sumpah jabatan/janji pengurus ormawa dan UKM yang dipimpin secara daring oleh Bapak Joko Susilo, SKM., M. Kes., selaku Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Bapak Joko menegaskan bahwa sumpah jabatan mengandung arti tanggung jawab tidak hanya untuk ormawa dan UKM nya sendiri, akan tetapi juga tanggung jawab untuk bangsa dan negara. 

Kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri bersama-sama dan dilanjutkan dengan penandatanganan BA (berita acara) Pelantikan Tahun 2021. Semua Ketua ormawa dan UKM atau yang mewakili menandatangani dokumen berita acara yang disediakan panitia di meja depan podium dan disaksikan oleh Penanggung Jawab Mahasiswa dan Alumni.

Pukul 14.20 WIB, Bapak Joko memberikan sambutan dan pengarahannya. Dalam sambutannya tersebut beliau mengatakan bahwa, “… Kami pesan kepada seluruh pengurus organisasi agar dalam menjalankan tugas program kerja dapat mendukung cita-cita Polkesyo Unggul, Berbudaya, Mendunia, menjadi kampus sehat dan berkualitas. … “. Adapun beliau sempat menyampaikan materi seputar kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa yaitu kompetensi profesional, digitalisasi, dan interprofesional. Beliau menyampaikan bahwa yang dibutuhkan untuk sukses itu tidak hanya IQ, akan tetapi harus punya emosional dan spiritual yang baik.  Melalui kepengurusan organisasi inilah dapat menjadi pendukung kecerdasan emosional dan spiritual tersebut. Beliau juga mengatakan, ” … Mohon dimanfaatkan kepengurusan organisasi untuk menempa diri menjadi pribadi yang lebih baik. Harus bisa meningkatkan softskill dan hardskill. Selanjutnya saya juga ingin bertemu langsung dengan ketua baru organisasi mahasiswa untuk pengembangan kapasitas kedepannya. ….”. 

Pukul 14.35 WIB dilakukan serah terima jabatan yang diwakilkan oleh Ketua BLM 2020/2021 kepada Ketua BLM 2021/2022 dengan penandatanganan dokumen, penyerahan Executive Summary, dan penyerahan bendera/panji-panji organisasi mahasiswa. Acara selanjutnya yaitu pembacaan doa, kemudian acara ditutup oleh MC dan dilakukan Foto bersama secara luring dan daring. 

Pukul 14.55 WIB acara diakhiri dengan tambahan arahan oleh Ibu Eko Suryani, S.Pd., S. Kep., MA., selaku PJ kemahasiswaan dan Bapak Suharyono, S.Pd., S.Si.T., M. Kes., selaku Ketua Jurusan Kesehatan Gigi. Salah satu pesan yang diterima mahasiswa dari beliau adalah bahwa menjadi bagian organisasi akan sangat berguna saat mahasiswa terjun bekerja di tengah-tengah masyarakat. Terlaksananya pelantikan ormawa dan UKM diharapkan mampu menyalakan semangat dalam menjalankan program kerja dengan ikhlas dan totalitas sebagai wujud janji atau sumpah jabatan yang sudah pengurus ucapkan.